Kumpulan Berita dan Info unik yang ada di sekitar kita

Malapetaka permaianan supernatural

Permainan adalah sarana hiburan untuk sarana hiburan melepas kejenuhan dari suatu kegiatan yang monton (itu-itu saja). Kegiatan permainan pun tidak lepas dari semua kalangan umur, namun memang kalau mendengar kata permainan ; hal tersebut lebih identik dengan anak-anak. Pada umumnya memang orang dewasa sering tidak mempunyai waktu untuk melakukan kegiatan yang lain nya, karena sudah terlalu sibuk berkerja. Tetapi mau bagaimana pun orang dewasa pernah menjadi kanak-kanak, sehingga pernah merasakan sibuknya kegiatan sehari-hari ; masih selalu diisi dengan kegiatan bermain. Gelitikinfo kali ini ingin membahas suatu permainan yang mungkin pernah dimanikan anda semua. Permainan yang akan dibahas kali ini adalah permainan supernatural, yang dilakukan dengan cara memanggil arwah pada suatu media. Ada yang pernah bermain permainan satu ini ? (*Saran saya jangan ; sebab rasanya itu bisa mengotori hidup anda yang sudah mengenal Sang Khalik yang maha Esa).

Dalam bahasa Indonesia permaianan pemanggilan arwah disebut Jelangkung, Jailangkung, atau Jalangkung (hampir mirip bahasa jawa yaitu Jealangkung, dan bahasa sunda Jaelangkung). Jelangkung adalah sebuah permainan supernatural yang bertujuan untuk memanggil roh atau arwah dari mahluk halus untuk diajak berkomunikasi dalam suatu media penampung. Dahulu umumnya permainan jelangkung memakai media penampung berupa gayung air dari batok kelapa, namun sekarang sudah banyak media lainnya seperti : kertas, jangka, koin logam, dll.

Menurut beberapa sumber Jelangkung itu berasal dari serapan budaya China, dimana dulu pernah ada permainan serupa di daerah Tionghoa yang bernama Cay Lan Gong (Jailangkung). Perbedaan nya hanya media penampung arwahnya saja, yaitu di China memakai keranjang yang dibentuk seperti boneka, dan pada ujung tangan boneka diberikan kapur atau alat tulis untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh setiap orang yang mengajukan pertanyaan pada arwah yang ada didalam boneka.

Ternyata permainan Jelangkung tidak hanya ada di pulau Jawa saja, sebab ternyata banyak permainan serupa yang dilakukan oleh daerah lain khusus nya di pulau Sumatera Indonesia. Contohnya ada versi dari Minangkabau yang bernama Lukah Gilo, dan permainan yang hampir serupa versi dari suku Batak Toba yang disebut boneka Si Gale-Gale. Pada prinsipnya kedua permainan ini merupakan permainan berupa ritual untuk hiburan masyarakat. Dimana ada seorang dukun atau paranormal akan membuat suatu boneka yang menyerupai manusia sebagai media penampung arwah nenek moyang. Yang mana nantinya setelah duku membaca mantra pada boneka tersebut, maka selanjutnya boneka itu akan melakukan pertunjukan berupa gerakan tarian.

Lukah Gilo suku Minang
Si Gale Gale suku  Batak Toba
           










Dalam kondisi khusus para rakyat setempat menganggap bahwa mahluk itu sedang minta untuk diberikan sorakan. Sehingga memang kerap kali seperti dangdut, kalau para penonton mulai semakin kuat menyoraki boneka penampung arwah itu, maka semakin gila para boneka itu melakukan gerakan dangdut. Hahaha.. Ternyata mahluk halus mau bereksistensi juga ya….


Dahulu saya sewaktu masih SMP pernah mencoba untuk bermain permaianan pemanggilan arwah yang satu ini. Tetapi waktu itu tidak berhasil sama sekali. Awalnya teman saya yang mengajak bermain, sebab waktu itu dia sudah mencoba permainan itu di sekolah pada waktu siang hari (pada kelas yang angker). Setelah berhasil, dia mengajak saya berserta satu orang lagi supaya berjumlah ganjil untuk ikut serta sebagai syaratnya. Setelah teman saya membaca mantra, ternyata gak ada gerakan sama sekali. Mau dijungkir balik juga gak bisa. Hahaha, sedikit sombong nih : “Mungkin saya orang beriman, jadi roh nya gak berani datang”. Tetapi saya gak berani lagi lah, kalau disuruh mencoba kembali. Itu kan waktu kecil saja, dan masih polos. Sebab sekarang ini, setelah mencari-cari informasi untuk artikel ini, korban dari permanian  supernatural yang satu ini banyak juga.

Dikatakan beberapa sumber, permainan ini sangat memungkinkan untuk membuat orang untuk sakit, bahkan meninggal, kalau yang dipanggil ternyata adalah roh jahat yang memiliki kekuatan besar, sehingga harus meminta tumbal, sebab roh najis itu tidak mau pulang dengan tangan kosong. Walaupun dalam mantra nya sebagai berikut :

Bahasa Indonesia
"Jalangkung Jalangset disini ada Pesta kecil-kecilan. Jalangkung, Jalangset. Datang tak di jemput, pulang tak diantar "

Tetap aja, mungkin arwah, atau Setan itu berpikir begini kali ya : “Enak aja lo mengundang gw, terus disuruh pulang begitu aja !!! Memangnya lo kira gw gak ada kerjaan ? Kalau gw gak dapat sesuatu, gw hajar lo !!” Jadi nasihat saya, hati-hati sama permainan Jelangkung. Sebab di dunia Jin, Setan, Hantu, dan roh najis ; ada preman, prajurit, komandan, kepala suku, menteri, raja daerah, dll. Makanya waktu saya, dan kedua teman saya tidak berhasil memainkan permainan tersebut, padahal semua syarat sudah terpenuhi, maka teman saya langsung membakar media kertas bertuliskan abjad sambil membaca doa.


Dan ternyata apa yang baru sebutkan diatas itu adalah fakta-fakta. Bukan sebuah info yang gelitikinfo mau bagikan hanya untuk menakut-nakuti. Sebab sebelum artikel ini ditulis, saya sempat tergelitik, dan tak percaya, dan tak mau percaya roh najis, karena saya adalah orang yang cukup religius, sehingga sekarang anti sama permainan seperti itu. Tetapi saat saya mencari-cari sumber di Youtube, ternyata ada beberapa video nyata dari negara Barat dalam bentuk film pendek yang menceritakan dua saudara perempuan dari kisah nyata yang menjadi korban permainan ini. Ini link nya.

Jadi bagi kawan gelitik info mohon hati-hati atas game beresiko satu ini. Mohon diingat saja bahwa meski di beberapa belahan dunia lainnya permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak, tetapi ini bukan permainan belaka, tetapi semacam kegiatan yang mengasyikan awalnya, tetapi ada saatnya ada sebuah kondisi dimana celaka datang, tanpa diketahui penyebabnya. Sekali lagi hati-hati, sama permainan satu ini. #Horor

Oiya… Sebagai tambahan dari gelitik info kali ini, berikut ini berberapa permainan supernatural yang ada di beberapa negara lain nya yang ada di dunia :

1.       Kokkuri
Dari negara Jepang ada permaianan pemanggilan arwah yang bernama Kokkuri. Kokkuri juga menggunakan papan yang bertuliskan huruf-huruf serta koin 10 Yen. Permainan ini sangat populer dilakukan oleh remaja Jepang. Dan biasanya mereka mengundang makhluk halus itu untuk bertanya mengenai masa depan. Permainan ini biasa dilakukan oleh dua orang, atau lebih, dengan cara bersama-sama meletakkan jarinya di atas koin 10 Yen tersebut, kemudian mulai bertanya : “Apakah Kokkuri-san sudah hadir ?” Jika koin bergerak ke huruf "Ya," maka mereka bisa mulai bertanya mengenai masa depan mereka.


2.    Bloody Mary
Bloody Mary adalah legenda Amerika, yaitu seorang wanita, Mary Whirnington yang dikabarkan meninggal di depan cermin. Arwah Mary, terperangkap di dalam cermin, sehingga ia tidak bisa keluar kecuali ada seseorang yang membuka jalannya. Dan karena terlalu lama terperangkap di dalam cermin, jiwanya menjadi marah, hampa dan bisa melakukan hal-hal yang di luar batas kemanusiaan. Pada cerita rakyat Barat, sewaktu Bloody Mary masih hidup ; dia adalah seorang adalah setan, atau penyihir yang dikatakan akan muncul di cermin, ketika namanya dipanggil tiga kali (atau lebih, bergantung versi cerita). Nah, setelah Bloody Mary muncul, maka orang yang sudah bisa berinteraksi dengan nya, akan  menggunakan roh yang terperangkap dalam cermin itu sebagai bagian dari permainan tanya jawab.


3.    Papan Ouija
Berasal dari legenda urban Eropa tentang papan pemanggil arwah yang disebut ouija atau papan Ouija. Orang-orang Eropa sering menyebutnya sebagai papan pemanggilan arwah. Ini merupakan satu di antara sekian banyak legenda urban tentang permainan pemanggil roh atau arwah yang ada di muka bumi. Permainan ini dilakukan dengan cara berikut :

·         Pertama cari tempat yang gelap, lalu segera menyalakan lilin.
·         Kedua letakan papan Ouija yang sudah diberikan simbol ditengah-tengah pemain.
·         Ketika letakan kaca, gelas, atau benda datar lain nya, untuk digunakan pada papan Ouija.
·         Baca mantra.
·         Dan tunggu akibatnya. “Silahkan tonton film Ouija yang pernah tayang di Bioskop ?"

 

4.     Devil face (Wajah setan)
Permainan ini berasal dari Spanyol. Bagaimana awal mulanya, tidak ada yang tahu. Dikatakan legenda ini bermulai dari seorang gadis bernama Safia yang senang dengan kegiatan Okultisme (kegiatan gaib). Safia memperkenalkan permainan pemanggilan arwah ini kepada teman-temannya, dan akhirnya permainan itu menyebar luas. Cara bermainnya cukup mudah yaitu harus mempunyai 12 lilin berwarna hitam, kemudian masuk ke kamar mandi, dan nyalakan lilin di depan cermin. Selanjutnya saat waktu tepat menunjukan pukul 12 malam, maka lihat lainya selain wajah anda di depan cermin. Hahaha, kalau cuma ada satu wajah saja, maka anda adalah setan nya. Jadi itu disebabkan anda lebih jahat dari pada si Setan, sehingga si Setan sangat takut untuk mengobrol, atau bahkan menakut-nakuti anda.


5.     Charlie Charlie Pencil Game (Six Pencil “Enam Pensil”)
Seperti namanya permainan ini menggunakan media pensil sebagai wadah pemanggilan arwah. Permainan supernatural ini berasal dari tradisi Mexico. Cara permainan bisa dimainkan sendiri dengan menggunakan 2 pensil membentuk gambar tambah dengan media kertas bertuliskan "Yes" or "Not" Kalau arwah nya dari Indonesia tulis "Iya" atau "tidak" aja ya !! Nanti doi gak mengerti. Hehehe. Tetapi permainan ini bisa juga dimainkan oleh dua orang yang masing-masing memegang 3 pensil, dimana kalau disatukan bisa membentuk setengah bangun persegi panjang. Setelah satu sama lain menyentuhkan ujung-ujung pensil masing-masing dalam bentuk persegi panjang, maka segera baca kan mantra seperti anda seolah-olah sedang bernyanyi : “Charlie, Charlie, can we play?" Nah, kalau bergerak halus tanda iya, kalau gerak kiri-kanan, maka jawabnya tidak, tetapi kalau gerak agak kencang jawabnya “May be atau Mungkin” Jadi intinya permainan ini hanya bisa bertanya pertanyaan Iya atau tidak. Nah, seperti permainan supernatural lain, bahwa akan ada selalu izin untuk pamit, maka saat permainan ini ingin diakhiri, maka nyanyikan pertanyaan berikut : “"Charlie, Charlie, can we stop?" Kalau jawabnya tidak, maka terus bermain sampai bego. Yaudah, deh ; setelah itu saling salah-salahan. Andai gw yang main, gw langsung bilang : “Ah, goblok !! Pulang lo !! Memangnya lo gak dicariin sama Emak lo !!”

  

                                                                                                                                 
Sebenarnya masih banyak lagi cara bermain memanggil arwah lainnya, dan anda bisa mencari informasi tersebut dari Google. Bahkan saat saya mencari banyak lagi media-media yang mudah untuk dipakai dalam hal permainan pemanggilan roh : Ada yang memakai kartu, Ada yang memakai lemari pakaian, Ada yang memakai topeng di persimpangan jalan, Ada juga yang memakai hal-hal rumit. Pokoknya macam-macam cara seperti kata pepatah banyak jalan menuju Roma. Sebagai penutup gelitik info hanya ingin menyadarkan bahwa ritual pemanggilan arwah adalah salah satu kegiatan Okultisme (Penyebahan hal gaib). Jadi jangan pernah mau bermain dengan mereka, sebab nyatanya mereka hanya ingin unjuk gigi saja. Kenyataan adalah hari ini yang dijalani dengan baik untuk menciptakan sesuatu yang baik juga. Jadi bila anda bertanya pada arwah atau mahluk halus tentang sesuatu yang ada di masa depan, atau tentang sesuatu yang ada di masa lalu, atau mungkin bertanya tentang pribadi roh tersebut, maka mereka menanggapi bahwa ada ketertarikan antara anda dengan dirinya. Dari situlah kesempatan untuk jatuh semakin jatuh lagi tanpa anda sadari.

Sekian gelitik Info kali ini.
Terima kasih.
Jangan lupa beri komentar ya..


Share on Google Plus

About Solidious

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar