Kumpulan Berita dan Info unik yang ada di sekitar kita

Beda antara hewan berduri yang bernama Landak dengan Landak mini

Begitu banyak kosa kata dalam bahasa Indonesia sudah dirasa cukup untuk dipakai berkomunikasi dalam kegiatan sehari-hari, namun tidak semua penyerapan dari bahasa asing sudah dirasa cukup untuk dimengerti oleh yang gemar membaca. Sebagai contoh, apa yang disebut Landak mempunyai berbagai macam jenis. Bila kita mengetikan kata Landak dalam Google Translate, maka akan keluar dua terjemahan ; yang satu Procupine, sedangkan yang satu lagi Hedgehog. 

Untuk itu supaya tidak salah menafsir, maka disini kita bahas secara singkat perbedaan kedua Landak, tsb. 

 

Procupine

Sebenarnya hewan yang disebut Landak berduri panjang yang tebal ini masuk ke dalam golongan tikus (hewan pengerat). Dimana mereka mempunya gigi depan yang dipakai untuk mengerogoti makanan, bisa dibuat untuk mengigit, kalau duri-duri nya yang mempunyai serabut micro, sehingga bisa mudah tersangkut, lalu tenggelam semakin dalam pada daging lawan nya ; dirasa tak cukup untuk membuat musuh nya mundur. Jenis Landak ini adalah hewan herbivora (memakan tumbuh-tumbuhan). Dan tidak suka campuran, semisal bakwan jagung. Sebab meskipun gorengan tersebut hanya terdiri dari terigu, bumbu yang dari tanaman herbal alami, dsb ; sehingga manusia yang mengadopsi gaya hidup Vegetarian (hanya makan tumbuh-tumbuhan) akan bisa mengkonsumsi nya, tetapi tidak untuk Procupine, sebab kalau lagi mau makan wortel, maka itu aja yang dia makan. Kalau lagi makan kubis, maka tidak mau dicampur dengan labu. 

Jenis hewan mempunyai duri yang bisa terlepas, lalu tumbuh lagi. Pergerakan nya lambat, karena badan nya sangat besar, meskipun begitu, dia bukan hewan nocturnal (suka beraktifitas malam hari), yang mana perilaku tersebut dilakukan oleh hewan yang ingin menghindari Predator, sebab kegelapan bisa juga dipakai untuk melindungi diri. Sebab terdengar kabar, bahwa hewan ini satu tikus yang bukan dibilang paling berani, sehingga suka mencari masalah dengan yang lain, tetapi tak punya ketakutan sama sekali, sebab merasa aman dengan duri-duri yang menempel pada tubuh nya. Namun tragis nya, kalau ada Pemangsa lapar, dan lagi kesal dengan gaya - nya yang gak ada takut-takut nya, maka mereka jadi santapan juga, walaupun yang akan menyantap si Landak, akhirnya mendapat derita juga. 

 

Seperti bukti berikut contoh Macan tutul yang kalau dilihat-lihat sama  kurang kerjaan. Si Landak mati, karena sok jagoan, sedang si Macan tutul, makan sambil mengerang kesakitan, dan kalau sudah selesai nanti, maka perih nya lama sembuh, bahkan kalau terkena infeksi lambat laun, si kucing bertotol itu akan mati perlahan juga, saat tak bisa melawan kuman, atau bakteri dari luka nya.


Ini dia satu bukti korban yang tak selamat, karena satu duri menusuk bagian hidung, dan mulut nya, sehingga semakin tertusuk ke dalam, lalu berawal dari lapar terus kenyang, akhirnya mati kesakitan, dalam proses berjuang, lalu mati kelaparan. Oh, nahas sekali nasib kalian berdua.. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran buat kita, sebab ada kata pepatah yang cocok bagi si Macan tutul dengan Landak ; pucuk dicinta ulam pun tiba. Artinya mendapatkan sesuatu yang lebih dari diharapkan. Dimana kucing menunggu sesuatu untuk dimakan, sedang Landak merasa masa bodoh atas keamanan, lalu mereka bertemu, dan terjadilah sesuatu yang tak terpikirkan oleh mereka. Semoga mereka tenang disana T_T. 

 
 
Hedgehog (Landak mini)

adalah Landak juga, namun karena bahasa Indonesia tidak mempunyai satu kosa kata untuk menjelaskan satu binatang ini, maka karena ukuran nya kecil, ditambahkan saja mini, sehingga menjadi Landak mini. Dimana dia termasuk dengan hewan mamalia berduri yang meski serupa, tapi bukan sejenis tikus, karena mempunyai bentuk gigi depan tak besar, dan kuat untuk mengerat sebagaimana kebiasaan jenis, tsb. Landak mini adalah hewan Omnivora (memakan tumbuhan, dan protein hewani). Itu artinya dia bisa saja memakan sayuran seperti Kol, tapi tidak bisa berbarengan itu makan daging (seperti lagu makan daging anjing dengan sayur Kol) karena bagian dari pilihan diet tidak bisa berbarengan memakan nya. Tapi lebih pilih menu apa yang dibutuhkan bagi tubuh nya hari setiap hari, sehingga tidak terganggu pencernaan nya, karena kurang serat, sehingga kalau kebanyakan makan protein hewani, lupa makan serat dari sayur, nanti bisa buang air besar (BAB) nya keras. 

Duri jenis milik Landak mini tidak bisa terlepas, itu merupakan satu jaringan terikat pada tubuh nya, sehingga bila ada yang mencukur bulu nya menjadi seperti Host (pemandu acara) Jejak si Gundul di Trans7 yang ada di YouTube, maka akan selama nya begitu, atau kalau pun bisa ditumbuhkan, dengan bantuan Vet (dokter hewan). Hewan imut ini sangat tau diri, sehingga memilih jejak karakteristik untuk hidup, dan beraktifitas di malam hari (nocturnal). Hanya saja masih sering kelihatan di siang hari, saat merasa bahwa perlu untuk berpindah tempat ke tempat lain, karena terdesak oleh suatu hal yang menurut nya berbahaya, bila tetap tinggal. Bila sudah malam, disitulah waktu nya dia untuk lebih sibuk mencari makan.

Dan di alam liar, mereka sangat bagus bertahan hidup nya, dan karena ramah juga pada manusia, sebab tidak berbahaya, bahkan dianggap membantu membasmi hama serangga di ladang, atau kebun buah, dan tidak punya nafsu makan yang besar, karena tubuh nya kecil, maka dia sama sekali diburu untuk dibunuh oleh manusia. Dimana bahkan sekarang ini, Landak mini sudah menjadi hewan peliharaan di rumah-rumah, karena wajah, dan bentuk nya yang imut. Seperti sebagai berikut :




Saking imut nya, populasi Hedgehog sangat lestari, dan di alam liar, sehingga sama sekali dari ancaman kepunahan. Berbeda dengan Procupine yang sering diburu daging nya untuk menjadi makanan, atau obat-obatan, lalu kulit nya dipakai untuk pajangan. Untuk lebih jauh nya mengenai itu bisa di google aja yah... Itu lebih cukup untuk mendapatkan informasi lengkap. Dan penulis hanya menumpang kasih bacaan berupa buku, bila tertarik untuk di download, lalu begitu selesai, silahkan berikan kredit pada penulis dari cerita yang berjudul Landak mini berListrik.

 

 


 

Klik disini kalau mau coba baca pdf nya.




















Share on Google Plus

About Solidious

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar