Kumpulan Berita dan Info unik yang ada di sekitar kita

Game kepakan sayap yang menyebalkan

Semakin di benci, tetapi semakin sering di mainkan. Begitulah kalimat yang tepat untuk game mobile menakjubkan yang satu ini. Meski permanian ini bisa di bilang sebuah permanian yang sangat sederhana, namun Flappy Bird  melesak terkenal, dan menjadi sangat fenomenal. Sebelum akhirnya game tersebut ditarik dari toko Aplikasi Apple, dan Android ; permainan yang dimainkan dengan cara mengarahkan burung bernama Faby untuk terbang ini, katanya diklaim oleh Dong Nguyen (Kreator) bisa menghasilkan $ 50.000 per hari dari penjualan di IOS. Seolah-olah Naik menggelembung begitu cepat bagai buih air soda ; game yang dirilis pada 24 Mei 2013 di IOS, dan Android, langsung mendapatkan 20 ulasan sehari. Sebagian besar yang memberikan ulasan memberikan peringkat yang baik, yaitu dengan  tanggapan lima bintang penuh, namuun sebagian memberikan ulasan penilaian dengan tanggapan berupa hanya satu bintang. Tidak hanya mendapat penghinaan mendapatkan satu bintang saja, tetapi rata-rata dari mereka yang merasa tidak suka dengan Flappy bird juga menambahkan ungkapan yang intinya : "Aku benci permainan ini, tapi tidak bisa berhenti bermain" #SentimenNegatif (Akibat rasa penasaran).

Meski cukup banyak dibenci, namun kepopuleran Flappy bird, dari semenjak peluncuran terus beranjak naik. Bahkan walaupun banyak yang bilang bahwa para kritikus gam yang mengkritik grafis, dan melayangkan isu plagiat (jiplak) dari game terkenan bernama Mario Bross, tetapi kisah game Flappy bird menjadi permainan adiktif (bersifat kencanduan) tidak bisa ditutupi lagi.  Hanya berawal dari keinginan dari Dong Nguyen (Kreator) yang berniat membuat game yang bisa dimainkan satu tangan saat tangan lain nya bisa memegang tali pegangan kereta, akhirnya dia bisa membuat Flappy bird hanya dalam waktu tiga hari. Meski boleh dibilang tidak ada yang istimewa dari segi gameplay, dan kualitas secara keseluruhan, namun tidak ada yang menyangka Flappy bird bisa meraih kesuksesan yang mengejutkan semua orang, termasuk pencipta nya.

Semenjak dilucurkan bulan mei, dengan serangkaian kenaikan rating nya, akhirnya pada akhir bulan desember, para pemain game mulai menyerbu Flappy bird di media sosial untuk menyombongkan diri, bersaing, memaki, dan sejumlah besar hanya menggerutu tentang rasa frustrasi mereka bermain game tersebut. Bahkan pada satu hari pernah meletus twit (Twitter) dengan testimonial Flappy Bird yang tembus sampai lebih dari 16 juta pesan. Salah seorang pengguna Twitter mengomentari Flappy bird sebagai berikut : "Permainan yang paling menjengkelkan, namun saya tidak bisa berhenti" Dan yang lain mengatakan : "Perlahan game ini memakan hidup saya"

Seperti virus yang menyebar, mulai dari twit, lalu ke YouTube, kemudian ke taman bermain, serta ke taman kantor, akhirnya Flappy bird naik ke Top 10 pada awal Januari. Meski tanpa promosi, dan tidak ada rencana yang jelas dari segi pemasaran, serta tidak ada logika yang bisa menjelaskan nya ; pada tanggal 17 Januari 2014, Flappy Bird menjadi nomor satu di IOS, dan kemudian pada satu minggu setelah nya, game tersebut menduduki puncak Google Play Store juga.

Melalui pencapaian yang besar itulah, Dong Nguyen mengatakan kepada TechCrunch : "Aku tidak tahu bagaimana permainan saya bisa begitu populer. Sebagian besar pemain saya adalah anak-anak di sekolah. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk bermain permainan saya, dan berbagi kepada orang lain" Bukan hanya itu bahkan artis Hollywood yang terkenal pada tahun 1990-an yaitu Chuck Norris pun ikut bermain juga :

 

Kenapa Flappy bird bisa begitu besar, padahal bayak yang bilang menyebalkan ? Seorang novelis, 
dan scree writer bernama William Goldman berkata bahwa “Orang-orang Hollywood sebenarnya tidak tahu apa-apa” Kalimat tersebut sebenarnya mengacu bahwa sebenarnya selera pasar sangat tidak bisa ditebak. Ada sebuah game yang besar, dan dikerjakan susah payah tetapi gagal dipasaran. Namun sebaliknya ; bila ada game jelek yang terlalu sederhana ; malah terkadang tindakan seperti itu bagai upaya bunuh diri bagi perusahaan game yang merilisnya.

Bila kata beberapa orang bahwa pasar bisa diciptakan, maka untuk beberapa kasus, tidak ada yang bisa melawan rasa penasaran seseorang yang membenci, namun kemudian malah jadi disukai. Berikut rincian hipotesis berdasarkan faktor psikologis yang membuat Flappy bird bisa sukses : 



1.       Sangat sederhana
Saking sederhana nya game ini, maka tidak perlu belajar untuk memahami cara bermain nya. Sebab caranya sangat sederhan yaitu tinggal menahan burung bernama Faby untuk tetap terbang melawan gravitasi, dan saat menemui rintangan, maka keseimbangan nya harus tetap dijaga.

2.       Susah untuk dikuasai
Walau mudah untuk dipelajari, namun hampir mustahil game tersebut untuk dikuasai. Bahkan penciptanya sendiri saja tidak bisa melampaui rekor orang-orang yang ketagihan bermain game tersebut. Setiap orang yang tidak ingin merasa kalah, akan menjadi kesal, frustasi, dan menyiksa dirinya untuk menunjukan bahwa dia bisa merenggut kepuasan diri sendiri.




3.       Selalu menantang
Bermain Flappy bird seperti ditantang untuk merasa tidak puas, sehingga setiap anda selesai mencapai pencapaian tertentu, anda malah ketagihan untuk bermain lagi. Mungkin salah satunya ini, pemberitahuan atas poin anda. Dimana kenyataan nya anda selalu kalah dengan orang lain di sekitar anda, atau orang-orang yang memakai Internet diluar sana.


B*ngst !!! Sampai kapan gw bisa mendapatkan pujian ? (Hp dibanting)

4.       Full Free
Ini juga yang menjadi aspek penarik dari pada game lain nya. Sebab sebagian besar game/aplikasi popular selalu menyertakan pembelian lain nya di dalam aplikasi. Namun, tidak dengan Flappy bird, karena game ini gratis, dan hanya ada iklan saja yang tidak begitu menggangu, dan menghambat permainan dalam game.

5.       Tampilan gambar lucu
Meski hanya game mobile dengan tampilan 2 Dimensi, tetapi tujuan game ini seperti hanya
untuk lucu-lucuan saja, dan sekedar nya saja. Namun berawal dari keisengan yaitu dengan menciptakan game yang 3 hari jadi, ternyata para penikmat game memandang bahwa Flappy bird tampak menjadi pelopor yang berbeda pada saat itu.

Dan ini mungkin alasan-alasan diatas adalah alasan terbesar kesuksesan Flappy bird. Yang pada intinya game tersebut bisa membuat adrenalin seseorang terbakar, akibat rasa penasaran, padahal game ini kelihatan sangat mudah (Padahal sebenarnya lumayan sulit).

Siapa yang menyangka ide brilian untuk membuat para pencinta game ketagihan ? Padahal sebenarnya Dong Nguyen merancang game ini berharap bahwa setiap orang akan bermain Flappy bird ketika sedang keadaan santai untuk membunuh waktu. Akibat gagal menyampaikan misi dari game tersebut, mungkin ini lah alasan dari penciptanya menghapus Flappy bird pada tanggal 10 Februari 2014 dari Apple App Store dan Google Play Store, karena memang sebelumnya dia selalu dipenuhi rasa bersalah, atas apa yang ia dianggap sebagai sifat meracuni (adiktif/ketagihan) secara berlebihan.



Berikut ini adalah twit dari Twitter Dong Nguyen pencipta Flappy bird sebelum menutup game nya yang fenomenal :
  • Saya bisa sebut 'Flappy Bird' adalah keberhasilan saya. Tetapi juga reruntuhan hidup sederhana saya. Jadi sekarang aku benci it.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
  • @misterlukeherb @kotaku Bukan karena mereka tapi karena bagaimana orang menggunakan permainan saya. Mereka overusing it.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014

Kemudian, sekitar pukul 14:30 ET masih pada tanggal 8 Februari, Dong Nguyen membuat pengumuman menakjubkan: bahwa Flappy Bird akan pergi.

  • Saya minta maaf pengguna Flappy Bird ', 22 jam dari sekarang, saya akan mengambil' Flappy Bird 'turun. Saya tidak bisa mengambil anymore.- ini Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
Waktu itu sempat ada isu bawa Dong Nguyen menarik Flappy bird menerima tuntutan dari perusahaan Nintendo, karena ada anggapan bahwa game tersebut mirip kode game lawas Mario Bros. Bahkan ada pengembang game yang mempertanyakan keaslian Flappy bird dengan game lain nya yang diciptakan orang tersebut, sebab ada kemiripian  yang sangat lekat.


Namung Dong Nguyen menjawab dari Twitter nya :
  • Hal ini tidak berhubungan apapun dengan masalah hukum. Aku hanya tidak bisa menyimpannya anymore.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
  • Saya juga tidak menjual 'Flappy Bird', jangan ask.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
  • Dan saya masih membuat games.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014


Segera setelah Flappy bird diturunkan dari toko aplikasi mobile, banyak twit ancaman yang ditujukan kepada Dong Nguyen. Beberapa tweet ini bahkan berupa ancaman. Berikut beberapa tweet nya :

v  Lebih baik anda tidak menghapus Flappy BIRD, karena aku akan membunuh anda, jika anda melakukan nya.
v  Jika Anda menghapus Flappy Bird, maka saya akan benar-benar bunuh diri. Game ini adalah obat bagi saya, dan saya sangat kecanduan !! JANGAN LAKUKAN INI UNTUK SAYA. Tolong, jangan sampai aku menemukan jawaban untuk membunuhmu.
v  Aku akan membunuhmu, sebab permainan ini merupakan bagian dari kehidupan saya,  tahu !!!

Bila anda bisa mendapatkan $ 50.000 per hari, apakah anda mau menghentikan aliran dana tersebut, oleh karena alasan ini ? Berikut ini yang mungkin menjadi pertimbangan Dong Nguyen anak dari seorang ayah yang memiliki sebuah toko perangkat keras, sementara ibunya bekerja untuk kantor pemerintah.


Ketika Rolling Stone melakukan wawancara pada Dong Nguyen, setelah penarikan Flappy bird secara resmi, dia mengulurkan iPhone-nya pada seorang wartawan untuk membaca pesan dalam email di Hp nya. Wartawan itu membaca hampir semua pesan, dan salah satunya adalah  email dari seorang wanita yang ingin menghukum dia, karena telah mengganggu anak-anak di dunia, akibat game yang di ciptakan nya.

Pesan lain nya lagi dari seorang wanita (guru) yang menyesalkan bahwa : “Ada 13 anak-anak di sekolah saya yang mematahkan ponsel mereka, hanya karena permainan Anda. Dan sampai sekarang mereka masih bermain game adiktif itu, meski Hp mereka seperti retak semua" Selesai membaca semua pesan itu, Dong Nguyen menunjukan e-mail lain nya dari para pekerja yang telah kehilangan pekerjaan mereka. Tidak hanya sampai disitu, Dong Nguyen masih menunjukan pesan lain nya, yaitu dari seorang suami yang mana, istirnya yang telah berhenti berbicara dengan anak-anaknya, karena sibuk bermain game. Kata pria yang mengirimkan email itu : "Pada awalnya saya pikir mereka hanya bercanda, tapi aku sadar mereka benar-benar melukai diri sendiri" Selesai menunjukan semua pesan di Hp nya, Dong Nguyen bercerita pada si Wartawan bahwa ia gagal tes ke Universitas, hanya karena ia teralu banyak bermain Counter-Strike. Oleh karena pesan-pesan itulah, maka Dong Nguyen merasa sedih, dan mengambil keputusan besar yang juga tidak mudah bagi dirinya.

Akhirnya setelah meminta pertimbangan dari keluarganya, dia menyadari bawa ada satu hal yang harus dilakukan, yaitu: Tarik permainan tersebut. Ketika dia sudah menekan tombol menghapus game tersebut dari IOS, dan Androi ; Dong Nguyen berkata pada dirinya sendiri : “Mengapa ia melakukan hal itu ?” Lalu dia menjawab dengan penuh keyakinan yang sama, ketika dia gagal dalam masuk perguruan tinggi, kata nya : "Aku tuan atas nasibku sendiri" Tambahnya : "Pemikir independen"Setelah menyelesaikan peperangan batin nya, Dong Nguyen mulai menghindar dari Paparazzi lokal yang sering mengepung rumah orang tuanya, dan semenjak itu juga dia mulai menyatakan rasa tidak suka nya pada ketenanaran, sehingga dia mengucapkan twit : “Ini adalah sesuatu yang saya tidak pernah inginkan," lagi dia kata nya di Twitter : "Tolong beri saya perdamaian"

Akhirnya beberapa hari sejak menutup Flappy Bird, Dong Nguyen dia bilang : “Aku merasa lega. Meski aku tidak bisa kembali ke kehidupan saya sebelumnya, tapi aku baik sekarang" Lagi katanya : "Aku sedang mempertimbangkan hal itu," kata Nguyen. Katanya kembali : "Silakan istirahat"
Oiya, sebagai mungkin kisah tragis ini yang juga menjadi pertimbangan Dong Nguyen untuk menutup Flappy bird yang sangat fenomenal, dan menguntungkan secara financial bagi dirinya. Sebenarnya masih banyak lagi kisah malapetaka lain nya yang katanya diakibatkan oleh game yang bernama Flappy bird. Tetapi berikut kisah yang agak menyentuh, sebab terjadi diantara keluarga sendiri.

Diambil dari HUZLERS.COM

Seorang remaja di Chicago telah ditangkap, karena membunuh saudaranya sendiri, setelah dia melihat saudaranya mencapai skor lebih tinggi dari nya pada permainan populer 'Flappy Bird'. Laporan mengatakan remaja itu cemburu saudaranya dan tidak bisa mengambil kemarahan.

Gary Wright, 16 tahun, sedang bermain 'Flappy Bird' Brother nya, Jabari Wright, 17 tahun, ketika Jabari mencapai skor 17 dalam permainan. Hal cepat keluar dari tangan saat Jabari terus menggoda Gary tentang nilai yang tinggi, yang 6. Gary diduga ditikam Jabari dengan pisau 17 kali di dada, referensi skor yang tinggi dari 17. Gary dirinya menelepon polisi setelah ia membunuh saudaranya dan menyerahkan diri. orang tua Brothers telah menolak untuk berbicara kepada wartawan. Klik bila ingin membaca dari webnya langsung…

Nah, sekarang bila hal tersebut terjadi pada diri anda, apakah anda akan memilih uang ? Atau apakah anda akan memilih hati nurani anda yang tersiksa, akibat malapetaka yang anda timbulkan secara tidak langsung dari game yang anda buat ? Beri komentar bila anda mempunyai alasan tersendiri.



Sekian dari info gelitk kali ini.




Share on Google Plus

About Solidious

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar