Semakin di benci, tetapi semakin sering di mainkan. Begitulah kalimat yang tepat untuk game mobile menakjubkan yang satu ini. Meski
permanian ini bisa di bilang sebuah permanian yang sangat sederhana, namun
Flappy Bird melesak terkenal, dan
menjadi sangat fenomenal. Sebelum akhirnya game tersebut ditarik dari toko
Aplikasi Apple, dan Android ; permainan yang dimainkan dengan cara mengarahkan
burung bernama Faby untuk terbang ini, katanya diklaim oleh Dong Nguyen
(Kreator) bisa menghasilkan $ 50.000 per hari dari penjualan di IOS. Seolah-olah Naik menggelembung begitu cepat bagai buih air soda ; game
yang dirilis pada 24 Mei 2013 di IOS, dan Android, langsung mendapatkan 20
ulasan sehari. Sebagian besar yang memberikan ulasan memberikan peringkat yang baik,
yaitu dengan tanggapan lima bintang penuh,
namuun sebagian memberikan ulasan penilaian dengan tanggapan berupa hanya satu
bintang. Tidak hanya mendapat penghinaan mendapatkan satu bintang saja, tetapi
rata-rata dari mereka yang merasa tidak suka dengan Flappy bird juga
menambahkan ungkapan yang intinya : "Aku benci permainan ini, tapi tidak
bisa berhenti bermain" #SentimenNegatif (Akibat rasa penasaran).
Meski cukup banyak dibenci, namun kepopuleran Flappy bird, dari semenjak peluncuran terus beranjak naik. Bahkan walaupun banyak yang bilang bahwa para kritikus
gam yang mengkritik grafis, dan melayangkan isu plagiat (jiplak) dari game
terkenan bernama Mario Bross, tetapi kisah game Flappy bird menjadi permainan
adiktif (bersifat kencanduan) tidak bisa ditutupi lagi. Hanya berawal dari keinginan dari Dong Nguyen
(Kreator) yang berniat membuat game yang bisa dimainkan satu tangan saat tangan
lain nya bisa memegang tali pegangan kereta, akhirnya dia bisa membuat Flappy
bird hanya dalam waktu tiga hari. Meski boleh dibilang tidak ada yang istimewa
dari segi gameplay, dan kualitas secara keseluruhan, namun tidak ada yang
menyangka Flappy bird bisa meraih kesuksesan yang mengejutkan semua orang,
termasuk pencipta nya.
Semenjak dilucurkan bulan mei, dengan serangkaian kenaikan
rating nya, akhirnya pada akhir bulan desember, para pemain game mulai menyerbu Flappy bird
di media sosial untuk menyombongkan diri, bersaing, memaki, dan sejumlah besar hanya menggerutu tentang rasa frustrasi mereka bermain game tersebut. Bahkan pada
satu hari pernah meletus twit (Twitter) dengan testimonial Flappy Bird yang
tembus sampai lebih dari 16 juta pesan. Salah seorang pengguna Twitter
mengomentari Flappy bird sebagai berikut : "Permainan yang paling
menjengkelkan, namun saya tidak bisa berhenti" Dan yang lain mengatakan : "Perlahan
game ini memakan hidup saya"
Seperti virus yang menyebar, mulai dari twit, lalu ke
YouTube, kemudian ke taman bermain, serta ke taman kantor, akhirnya Flappy bird
naik ke Top 10 pada awal Januari. Meski tanpa promosi, dan tidak ada rencana
yang jelas dari segi pemasaran, serta tidak ada logika yang bisa menjelaskan
nya ; pada tanggal 17 Januari 2014, Flappy Bird menjadi nomor satu di IOS, dan
kemudian pada satu minggu setelah nya, game tersebut menduduki puncak Google
Play Store juga.
Melalui pencapaian yang besar itulah, Dong Nguyen mengatakan
kepada TechCrunch : "Aku tidak tahu bagaimana permainan saya bisa begitu
populer. Sebagian besar pemain saya adalah anak-anak di sekolah. Saya ingin
mengucapkan terima kasih untuk bermain permainan saya, dan berbagi kepada orang
lain" Bukan hanya itu bahkan artis Hollywood yang terkenal pada tahun 1990-an
yaitu Chuck Norris pun ikut bermain juga :
Kenapa Flappy bird bisa begitu besar, padahal bayak yang
bilang menyebalkan ? Seorang novelis,
dan scree writer bernama William Goldman
berkata bahwa “Orang-orang Hollywood sebenarnya tidak tahu apa-apa” Kalimat
tersebut sebenarnya mengacu bahwa sebenarnya selera pasar sangat tidak bisa
ditebak. Ada sebuah game yang besar, dan dikerjakan susah payah tetapi gagal
dipasaran. Namun sebaliknya ; bila ada game jelek yang terlalu sederhana
; malah terkadang tindakan seperti itu bagai upaya bunuh diri bagi perusahaan game yang merilisnya.
Bila kata beberapa orang bahwa pasar bisa diciptakan, maka
untuk beberapa kasus, tidak ada yang bisa melawan rasa penasaran seseorang yang
membenci, namun kemudian malah jadi disukai. Berikut rincian hipotesis
berdasarkan faktor psikologis yang membuat Flappy bird bisa sukses :
1.
Sangat
sederhana
Saking sederhana nya
game ini, maka tidak perlu belajar untuk memahami cara bermain nya. Sebab
caranya sangat sederhan yaitu tinggal menahan burung bernama Faby untuk tetap
terbang melawan gravitasi, dan saat menemui rintangan, maka keseimbangan nya
harus tetap dijaga.
2.
Susah
untuk dikuasai
Walau mudah untuk
dipelajari, namun hampir mustahil game tersebut untuk dikuasai. Bahkan
penciptanya sendiri saja tidak bisa melampaui rekor orang-orang yang ketagihan
bermain game tersebut. Setiap orang yang tidak ingin merasa kalah, akan menjadi
kesal, frustasi, dan menyiksa dirinya untuk menunjukan bahwa dia bisa merenggut
kepuasan diri sendiri.
3.
Selalu
menantang
Bermain Flappy bird
seperti ditantang untuk merasa tidak puas, sehingga setiap anda selesai
mencapai pencapaian tertentu, anda malah ketagihan untuk bermain lagi. Mungkin
salah satunya ini, pemberitahuan atas poin anda. Dimana kenyataan nya anda selalu kalah dengan orang lain di sekitar anda, atau orang-orang yang memakai Internet diluar sana.
B*ngst
!!! Sampai kapan gw bisa mendapatkan pujian ? (Hp dibanting)
4.
Full
Free
Ini juga yang menjadi
aspek penarik dari pada game lain nya. Sebab sebagian besar game/aplikasi
popular selalu menyertakan pembelian lain nya di dalam aplikasi. Namun, tidak
dengan Flappy bird, karena game ini gratis, dan hanya ada iklan saja yang tidak
begitu menggangu, dan menghambat permainan dalam game.
5.
Tampilan
gambar lucu
Meski hanya game mobile dengan tampilan
2 Dimensi, tetapi tujuan game ini seperti hanya
untuk
lucu-lucuan saja, dan sekedar nya saja. Namun berawal dari keisengan yaitu
dengan menciptakan game yang 3 hari jadi, ternyata para penikmat game memandang
bahwa Flappy bird tampak menjadi pelopor yang berbeda pada saat itu.
Dan ini mungkin alasan-alasan diatas adalah alasan terbesar kesuksesan
Flappy bird. Yang pada intinya game tersebut bisa membuat adrenalin seseorang
terbakar, akibat rasa penasaran, padahal game ini kelihatan sangat mudah
(Padahal sebenarnya lumayan sulit).
Siapa yang menyangka ide brilian untuk membuat para pencinta game
ketagihan ? Padahal sebenarnya Dong Nguyen merancang game ini berharap bahwa
setiap orang akan bermain Flappy bird ketika sedang keadaan santai untuk
membunuh waktu. Akibat gagal menyampaikan misi dari game tersebut, mungkin ini
lah alasan dari penciptanya menghapus Flappy bird pada
tanggal 10 Februari 2014 dari Apple App Store dan Google Play Store, karena memang
sebelumnya dia selalu dipenuhi rasa bersalah, atas apa yang ia dianggap sebagai
sifat meracuni (adiktif/ketagihan) secara berlebihan.
Berikut ini adalah twit dari Twitter Dong Nguyen pencipta Flappy bird
sebelum menutup game nya yang fenomenal :
- Saya bisa sebut 'Flappy Bird' adalah keberhasilan saya. Tetapi juga reruntuhan hidup sederhana saya. Jadi sekarang aku benci it.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
- @misterlukeherb @kotaku Bukan karena mereka tapi karena bagaimana orang menggunakan permainan saya. Mereka overusing it.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
Kemudian, sekitar pukul 14:30 ET masih pada
tanggal 8 Februari, Dong Nguyen membuat pengumuman menakjubkan: bahwa Flappy
Bird akan pergi.
- Saya minta maaf pengguna Flappy Bird ', 22 jam dari sekarang, saya akan mengambil' Flappy Bird 'turun. Saya tidak bisa mengambil anymore.- ini Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
Namung Dong Nguyen menjawab dari Twitter nya :
- Hal ini tidak berhubungan apapun dengan masalah hukum. Aku hanya tidak bisa menyimpannya anymore.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
- Saya juga tidak menjual 'Flappy Bird', jangan ask.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
- Dan saya masih membuat games.- Dong Nguyen (@dongatory) 8 Februari 2014
Segera setelah Flappy bird diturunkan dari toko aplikasi
mobile, banyak twit ancaman yang ditujukan kepada Dong Nguyen. Beberapa tweet
ini bahkan berupa ancaman. Berikut beberapa tweet nya :
v
Lebih baik anda tidak menghapus Flappy BIRD, karena
aku akan membunuh anda, jika anda melakukan nya.
v
Jika Anda menghapus Flappy Bird, maka saya akan
benar-benar bunuh diri. Game ini adalah obat bagi saya, dan saya sangat
kecanduan !! JANGAN LAKUKAN INI UNTUK SAYA. Tolong, jangan sampai aku menemukan
jawaban untuk membunuhmu.
v
Aku akan membunuhmu, sebab permainan ini
merupakan bagian dari kehidupan saya,
tahu !!!
Bila anda bisa mendapatkan $ 50.000 per hari, apakah anda
mau menghentikan aliran dana tersebut, oleh karena alasan ini ? Berikut ini
yang mungkin menjadi pertimbangan Dong Nguyen anak dari seorang ayah yang memiliki
sebuah toko perangkat keras, sementara ibunya bekerja untuk kantor pemerintah.
Ketika Rolling Stone melakukan wawancara pada Dong Nguyen,
setelah penarikan Flappy bird secara resmi, dia mengulurkan iPhone-nya pada
seorang wartawan untuk membaca pesan dalam email di Hp nya. Wartawan itu
membaca hampir semua pesan, dan salah satunya adalah email dari seorang wanita yang ingin menghukum
dia, karena telah mengganggu anak-anak di dunia, akibat game yang di ciptakan
nya.
Pesan lain nya lagi
dari seorang wanita (guru) yang menyesalkan bahwa : “Ada 13 anak-anak di
sekolah saya yang mematahkan ponsel mereka, hanya karena permainan Anda. Dan sampai
sekarang mereka masih bermain game adiktif itu, meski Hp mereka seperti retak
semua" Selesai membaca semua pesan itu, Dong Nguyen menunjukan e-mail lain
nya dari para pekerja yang telah kehilangan pekerjaan mereka. Tidak hanya
sampai disitu, Dong Nguyen masih menunjukan pesan lain nya, yaitu dari seorang suami
yang mana, istirnya yang telah berhenti berbicara dengan anak-anaknya, karena
sibuk bermain game. Kata pria yang mengirimkan email itu : "Pada awalnya
saya pikir mereka hanya bercanda, tapi aku sadar mereka benar-benar melukai
diri sendiri" Selesai menunjukan semua pesan di Hp nya, Dong Nguyen bercerita
pada si Wartawan bahwa ia gagal tes ke Universitas, hanya karena ia teralu
banyak bermain Counter-Strike. Oleh karena pesan-pesan itulah, maka Dong Nguyen
merasa sedih, dan mengambil keputusan besar yang juga tidak mudah bagi dirinya.
Akhirnya setelah meminta pertimbangan dari keluarganya, dia
menyadari bawa ada satu hal yang harus dilakukan, yaitu: Tarik permainan
tersebut. Ketika dia sudah menekan tombol menghapus game tersebut dari IOS, dan
Androi ; Dong Nguyen berkata pada dirinya sendiri : “Mengapa ia melakukan hal
itu ?” Lalu dia menjawab dengan penuh keyakinan yang sama, ketika dia gagal
dalam masuk perguruan tinggi, kata nya : "Aku tuan atas nasibku sendiri"
Tambahnya : "Pemikir independen"Setelah menyelesaikan peperangan batin nya, Dong Nguyen
mulai menghindar dari Paparazzi lokal yang sering mengepung rumah orang tuanya,
dan semenjak itu juga dia mulai menyatakan rasa tidak suka nya pada
ketenanaran, sehingga dia mengucapkan twit : “Ini adalah sesuatu yang saya
tidak pernah inginkan," lagi dia kata nya di Twitter : "Tolong beri
saya perdamaian"
Akhirnya beberapa hari sejak menutup Flappy Bird, Dong
Nguyen dia bilang : “Aku merasa lega. Meski aku tidak bisa kembali ke kehidupan
saya sebelumnya, tapi aku baik sekarang" Lagi katanya : "Aku sedang
mempertimbangkan hal itu," kata Nguyen. Katanya kembali : "Silakan
istirahat"
Oiya, sebagai mungkin kisah tragis ini yang juga menjadi
pertimbangan Dong Nguyen untuk menutup Flappy bird yang sangat fenomenal, dan
menguntungkan secara financial bagi dirinya. Sebenarnya masih banyak lagi kisah
malapetaka lain nya yang katanya diakibatkan oleh game yang bernama Flappy
bird. Tetapi berikut kisah yang agak menyentuh, sebab terjadi diantara keluarga
sendiri.
Diambil dari
HUZLERS.COM
Seorang remaja di Chicago telah ditangkap, karena membunuh
saudaranya sendiri, setelah dia melihat saudaranya mencapai skor lebih tinggi dari
nya pada permainan populer 'Flappy Bird'. Laporan mengatakan remaja itu cemburu
saudaranya dan tidak bisa mengambil kemarahan.
Gary Wright, 16 tahun, sedang bermain 'Flappy Bird' Brother
nya, Jabari Wright, 17 tahun, ketika Jabari mencapai skor 17 dalam permainan.
Hal cepat keluar dari tangan saat Jabari terus menggoda Gary tentang nilai yang
tinggi, yang 6. Gary diduga ditikam Jabari dengan pisau 17 kali di dada,
referensi skor yang tinggi dari 17. Gary dirinya menelepon polisi setelah ia
membunuh saudaranya dan menyerahkan diri. orang tua Brothers telah menolak
untuk berbicara kepada wartawan. Klik bila ingin membaca dari webnya langsung…
Nah, sekarang bila hal tersebut terjadi pada diri anda,
apakah anda akan memilih uang ? Atau apakah anda akan memilih hati nurani anda
yang tersiksa, akibat malapetaka yang anda timbulkan secara tidak langsung dari
game yang anda buat ? Beri komentar bila anda mempunyai alasan tersendiri.
Sekian dari info gelitk kali ini.
0 comments:
Posting Komentar