Kumpulan Berita dan Info unik yang ada di sekitar kita

Ikan unik yang gemuk imut, namun menyimpan misteri


Ada yang tahu ikan buntal ? Dari gambar diatas bisa dilihat seperti apa.. 

Tentu yang tahu kartun Sponge Bob Square Pants akan tahu.. Si Kuning Sponge Bob itu punya guru namanya Mrs.Puff, dan dia akan menjadi bengkak kalau sedang marah terhadap muridnya yang paling badung, tetapi polos yang bernama Sponge Bob. Beberapa kali membaca banyak artikel di Google.com ; ternyata Ikan Buntal atau dalam bahasa inggrisnya disebut puffer fish merupakan ikan beracun, tetapi banyak disajikan di beberapa restoran di jepang. Ikan fugu itu sendiri berasal dari bahasa jepang, dan di negara inilah para Chef yang yang bersertifikat saja yang boleh menyajikan makanan yang berbahaya ini. Dan bukan hanya sembarangan sertifikat biasa nih, soalnya harus ditempuh melalui jalur tes yang panjang yaitu < 3 tahun atau lebih bahkan bisa juga tidak lolos bergatung dengan 


Pikir-pikir iya pasti tuh.. Soalnya sembarangan meyajikan ikan ini, maka akibatnya adalah kematian. Banyak juga yah sudah menemui ajalnya, akibat ikan yang katanya mempunyai racun yang lebih kuat dari 1200 kali dari racun sianida, dan katanya sih ; masih belum ketemu juga antidote (Penawar racun) nya. "Siapa yang berani ??" Ini makanan mirip Game dari Rusia yang bernama Russian roulette. (sebuah permainan maut menggunakan pistol revolver. Permainan ini dimulai dengan mengeluarkan satu buah peluru atau lebih dari silinder revolver. Silinder tersebut diputar secara acak, kemudian revolver ditodongkan pada diri sendiri, dan pelatuk pun ditarik) Tertarik lebih lanjut mengenai Russian Roulette "Klik disini". Sebab beberapa kasus yang terjadi di beberapa restoran, walaupun si Chef udah lulus dari Jepang dengan bersertifikat International, tetapi nyatanya ada aja yang meniggal di retoran akibat makanan yang biasanya disajikan mentah dalam betuk irisan tipis atau biasa disebut sashimi.

Berikut ini gambar Chef yang ahli potong ikan buntal yang  teriak minta jangan dimakan :



Berdasarkan fakta yang ada di Internet, Ikan buntal memiliki kandungan racun yang sangat kuat, dan bisa disebut makanan yang paling beracun di dunia. Oleh karena itu, harus hati-hati disiapkan untuk menghapus bagian beracun dan untuk menghindari mencemari daging. Racun yang terkandung dalam ikan Buntal adalah racun Tetrodotoxin. Kata Tetrodotoxin terambil dari kata Tetraodontiformes, yaitu ordo dimana spesies ikan Buntal bernaung dalam klasifikasi biologinya. Tetrodotoxin merupakan racun atau toxin yang menyerang sel-sel saraf, atau kerap disebut neurotoxin. Racun Tetrodotoxin ini pertama kali diisolasi pada tahun 1909 oleh seorang ilmuwan Jepang, yaitu Dr. Yoshizumi Tahara.

         Meski diketahui sangat beracun, namun di Jepang, ikan ini tetap di kosumsi oleh orang-orang jepang (khususnya orang-orang kalangan atas *harganya mahal). Kalau untuk kalangan menengah yang tinggal di pesisiran pantai pun seperti nelayan, dan pedangang lelang ikan kadang sering juga mengkonsumsinya, pada acara tertentu (untuk golongan ini adalah orang-orang yang selalu mejaga budaya itu tetap hidup. Sama seperti contoh Ikan paus, dan lumba-lumba yang mereka tetap konsumsi, walaupun dalam daging mamalia laut itu terdapat kadungan mercury yag banyak, dan bisa melahirkan anak cacat, serta bisa menimbulkan penyakit degeneratif lain nya. 
         Ibarat kata pepatah ala bisa, karena biasa meski sudah terbiasa mengonsumsi ikan Buntal, namun kasus keracunan ikan ini di Jepang tetap terjadi. Dari tahun ke-tahun kejadian keracunan terkait ikan Buntal beberapa kali masih ditemukan kematian, akibat ikan yang sebenarnya mau bilang : "Tolong jangan makan aku...." Eh, yang apes ; begitulah jadinya. Menurut catatan pemerintah Jepang, terdapat kematian 0-6 orang per tahunnya akibat dari racun ikan Buntal.


Berikut ini dari mbah Google.com contoh makan yang disajikan dari ikan yang lebih terkenal bernama ikan fugu di dunia (Sama kayak nama Tsunami, sepertinya inilah bagian dari Japan wave lain nya)

 




Share on Google Plus

About Solidious

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment