Kumpulan Berita dan Info unik yang ada di sekitar kita

Bom jamur yang sangat mematikan

Ada yang bahwa ada bom yang bernama Bom jamur ?


Jamur ? Uhm.. Tentu bukan jamur yang seperti gambar yang ada di serial game terkenal Mario Bross. Semenjak bom atom pertama kali dijatuhkan di Jepang pada tahun 1945, awan jamur selalu hadir, maka dari situ lah beberapa orang menyebut bom mematikan ini dengan sebutan bom jamur. Dikatakan oleh nationalgeographic.com bahwa awan gas panas itu terbentuk menjadi bola sambil membumbung ke langit akan menemui perbedaan suhu antara bagian inti yang paling panas akan meninggalkan sisi pinggir yang lebih dingin, dan lambat, maka terciptalah awan jamur.


Mengingat ini adalah sebuah teknologi yang sungguh menakjubkan, tetapi efeknya sungguh mengerikan. Mengingat hukum fisika Sir Isaac Newton bahwa gaya berbanding lurus dengan peyebabnya (tekanan), maka teknologi semakin maju, tetapi semakin besar juga dampaknya pada kerusakan alam. Sebab sampai sejauh ini ternyata para dunia militer yang ingin unjuk gigi tengah mengembangkan terus bom yang satu ini. Kalau dulu tahun 1945 bom Atom sudah sangat mengerikan, sehingga jepang terpaksa menyerah terhadap Amerika serikat, maka sekarang bom itu sudah tidak ada apa-apanya.

Untuk itu mari kita perlu tahu sudah sejauh apakah Bom berhulu ledak nuklir ini. Sebab kita ada, dan hidup di dunia yang bisa kita hancurkan hanya sesaat saja. Pertanyaan nya ; apa sih bom atom ? Jawabanya bom atom adalah sebuah bom berhulu ledak nuklir. Selanjutnya yang perlu kita tahu adalah ; bagaimana bom nuklir bekerja ? bom nuklir, seperti bom konvensional, yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan melalui ledakan, yaitu pelepasan sejumlah besar energi dalam waktu singkat. Dalam bom konvensional ledakan yang dibuat oleh reaksi kimia, yang melibatkan penataan ulang atom untuk membentuk molekul baru. Jumlah energi yang dikeluarkan sebanding dengan energi pengikatan molekul. Namun kalau bom nuklir ledakan dibuat dengan mengubah atom sendiri - mereka baik membagi diri atau menyatu untuk menciptakan atom baru. 

Perlu diketahui nih bahwa atom itu sendiri dalam bahasa Yunani artinya tidak terbagi-bagi, dan merupakan satuan terkecil dari sebuah materi yang mana materi yang kecil itu nantinya bisa menghasilkan energi yang sangat dahsyat persis seperti Albert Einstein bilang E = MCatau dengan kata lain energi dihasilkan dari massa dikalikan kecepatan cahaya. Jadi energi yang dihasilkan berkekuatanan ledak tinggi. 


Secari garis besar ada dua jenis utama dari senjata nuklir:

  • Bom atom yang digunakan pemisahan atom sebagai reaksi utama.

  • Bom hidrogen yang menggunakan fusi / pengabungan atom sebagai reaksi utama.



Dibandingkan Little Boy, dan Fat Man yang dijatuhkan di Hiroshima-Nagasaki yang mempunyai daya ledak sama dengan 15 kilotons, dan 21 kilotons TNT, Tsar Bomba Hydrogen Bomb sangat jauh lebih besar perbandingannya. Bom hidrogen yang biasa disebut senjata termo-nuklir ini bisa menghasilkan ledakan sebesar 50.000 kilotons. Dan tidak diragukan lagi dari fakta yang ada bahwa Tsar bom merupakan bom terkuat yang pernah diciptakan oleh sejarah umat manusia. Klik info tentang Tsar Bomba.

Sebagai gambaran aja nih, ini dia gambar-gambar Hiroshima, dan Nagasaki yang dihatam oleh Little Boy-Fat Man :





Nah, sekarang coba bayangkan bagaimana kalau bom hidrogen yang menimpa kota kita, bisa gak dipikirkan bagimana puing-puing kota kita tinggal bisa cuma tinggal debu aja. Untuk memberikan ilustrasi aja bahwa perbandingan kekuatan ledakan bom Hidrogen itu 1400 kali lebih kuat dari pada dua bom atom yang jatuh di Hiroshima-Nagasaki. Huahh, untungnya Tsar Bomba cuma baru diuji coba aja oleh  Uni Soviet di pulau Novaya Zemlya, Laut Artik. Gak kebayang efeknya kalau dijatuhkan di suatu pulau, kota, atau negar yang berpenghuni. Yuk, mari kita ber-imajinasi ; apa sih yang terjadi setelah ledakan nuklir ?


Satu hal yang pasti terjadi pada sebuah ledakan nuklir yaitu ; menghasilkan beberapa bentuk efek merusak yang berbeda-beda. Tingkat kerusakan akan tergantung pada berbagai faktor yang ada, sebagai berikut ; termasuk ukuran bom nuklir, letak ketinggian di mana itu diledakkan, dan geografis target.

  1.  
  • Ledakan
Pelepasan energi yang cepat dalam ledakan, langsung menciptakan gelombang kejut yang berasal dari tekanan udara yang sangat tinggi. Bila anda sangat dekat dengan pusat ledakan nuklir, maka tekanan itu setara dengan beberapa ribu pound per inci persegi (psi). Ini sama saja dengan ratusan bahkan mungkin ribuan kali lebih besar dari tekanan di yang didapat di alat presto yang bisa membuat tulang ikan atau ayam seperti lebur menjadi bubur. Selain tekanan dapat menghancurkan benda-benda, rumah bata juga akan hancur pada tekanan sekitar 10-15 psi. Hebatnya lagi ; ledakan itu juga menghasilkan angin kecepatan tinggi yang dapat mengubah manusia atau benda menjadi sebuah rudal. Lagi pada saat tekanan meningkat ke15-20 psi, maka angin dapat melemparkan seseorang di beberapa ratus kilometer per jam. Kemudian bila anda berada jauh sekali dari titik ledakan, maka tekanan dari gelombang kejut juga dapat menyebabkan ketulian.

  • Radiasi termal
Radiasi termal termasuk cahaya dan panas. Sebuah ledakan nuklir melepaskan sejumlah besar energi cahaya (utlraviolet, terlihat, dan inframerah), yang dapat dilihat dari ratusan mil jauhnya. Cahaya yang begitu kuat dapat membuat pasir meledak, dan seseorang yang memandang bisa membuat mata orang jadi buta, walaupun jarak mereka ber-mil-mil jauhnya. Bahkan radiasi termal mampu membakar bayangan ke dalam beton, dan menyulut bahan yang mudah terbakar pada jarak jauh. Radiasi termal juga menyebabkan luka bakar pada kulit manusia. Panas dari ledakan begitu kuat bahwa hampir semua bahan di pusat ledakan (pusat gempa) segera menguap bagai udara yang tak berbekas. Radiasi termal juga menciptakan bola api yang dengan cepat menyebar luas keluar, karena panas tersebut mengkonsumsi oksigen serta dikombinasikan dengan efek ledakan berkelanjutan yang menciptakan kehancuran total seperti sebuah berada pusat gempa.

  • Gelombang elektromagnetik


Sebuah ledakan nuklir juga mengirimkan gelombang elektromagnetik, mirip dengan radiasi gelombang termal. Meskipun gelombang elektromagnetik tidak langsung merugikan manusia, tetapi hal tersebut juga dapat menghacurkan fasilitas yang berada di lokasi ledakan nuklir, karena gelombang elektromagnetikan dapat mematikan semua perangkat listrik di jalan, seperti komputer, peralatan medis dan microchip yang ditemukan di mobil keluaran terbaru.

  • Paparan radiasi nuklir langsung
Sebuah ledakan nuklir melepaskan beberapa bentuk radiasi. Kedua itu adalah radiasi dari sinar gamma dan neutron mudah menembus benda padat dan dapat mematikan yang hidup. Beta dan alpha merupakan partikel umumnya kurang berbahaya, dan memiliki rentang lebih pendek, namun meski partikel beta, dan alfa tidak dapat menembus kulit manusia. Jika tidak sengaja tertelan, maka bagaimanapun, partikel beta, dan alpha akan menyebabkan kerusakan paling ke tubuh manusia.

  • Curahan radio aktif
Curahan dari radio aktif yang terdiri dari sejumlah besar partikel, akan memapari bumi, bangunan dan benda-benda tanah lainnya. Sebab saat ledakan, partikel-partikel tersebut terdorong ke atas dalam sebuah ledakan, lalu mereka melakukan pencampuran didalamnya. Beberapa bahan ini akan jatuh kembali ke bumi dalam beberapa menit, dan kejatuhan radioaktif dapat terus berlangsung sekitar 24 jam. Paparan radio akitif tersebut akan naik dan turun sama seperti puing-puing membentuk awan jamur yang mengikuti ledakan nuklir.


Sebagai tambahan bahwa bom yang disebut senjata termo-nuklir, tidak hanya bom Hidrogen saja. Ada lagi bermacam-macam jenis bom nuklir lainnya : *Sebagai catatan tidak kalah mengerikan dari yang sebelumnya. Berikut beberapa yang sudah pernah dibuat :

1. Salted Bom
Sebuah bom asin adalah senjata nuklir yang dirancang untuk berfungsi sebagai senjata radiologi, yang menghasilkan radio aktif yang disempurnakan pada  area yang luas dihuni. Istilah Salted Bomb ini berasal baik dari sarana pembuatan mereka, yang melibatkan penggabungan unsur-unsur tambahan untuk senjata atom standar, dan dari ekspresi "garam bumi", yang berarti teknologi senjata nuklir akan segera mencapai titik di mana ia bisa meracuni hidup manusia di bumi. Beruntung tidak ada bom asin yang pernah dicoba di atmosfir bumi. Bom ini bila diwujud nyatakan, mampu mencemari daerah jauh lebih besar daripada bom nuklir pada umunya. Gambaran ilustrasinya mungkin seperti ini  :










2. Gas boosted fission weapon
Sebuah senjata pemecah atom yang mampu menimbulkan ledakan bom nuklir yang menggunakan sejumlah kecil bahan bakar pegabungan atom untuk meningkatkan tingkat reaksi fisi atom yang bisa menimbulkan ledakan. Mungkin kaya pistol kecil yang dipakai aktor Will Smith di film Man in Black. Yang ini seperti gambar berikut :









3. Neutron Bomb
Bom Neutron itu sangat-sangat berbeda dengan bom yang lain. Dibanding senjata Nuklir, Bom Neutron jauh lebih baik dan efektif untuk berperang. Kenapa? Karena selain energi yang besar dan jangkauan yang sangat luas, Bom Atom hanya membunuh manusia saja. Bom ini tidak akan menghancurkan bangunan. Jadi jumlah kerugian akibat hancurnya bangunan saat perang, bisa mengecil. Tapi tetap saja Bom ini berbahaya. Nah, kalau yang mau tahu seperti apa efek dari Bom Neutron, coba tonton The simpson Season 9 episode 4, disana diceritakan tidak ada ledakan, tetapi orang di kotanya pada jadi patung, dan saat disentuh Bart Simpson, mereka hancur menjadi debu. Ngeri, deh pokoknya. Ini cuplikan nya : 




Share on Google Plus

About Solidious

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment